RSS

CORN

13 Des

Corn, zea mays, alias jagung ini sangaaaat saia suka. Semua yang berbau jagung saia suka, mulai dari jagung rebus, jagung bakar, bakwan jagung, pergedel jagung, bubur jagung, es jagung, jus jagung, semua cake atau roti yang ad topping jagungnya, puding jagung, sereal jagung segala merk yang “namanya tak boleh disebut”…*kyk voldemort aja….wihihi…. klo di rumah ni masakan andalan saia agar-agar jagung, *simple present food, ihihi…:D 😀 Naaah, mari mengenalnya lebih jauh…*biar makin suka maksudnya, ehe2. sekalian deh, klo yang tak suka biar jadi suka….:D. Cekidot…!!!!

Jagung mengandung 80% karbohidrat, 10% protein, 4.5% minyak, 3.5% serat, dan 2% mineral. Sekarang ini ada banyak produk2 dari jagung, seperti:
1. Pop corn
Pop corn bagus buat kesehatan, karena jagung yang dikupas mengandung kalsium, fosfor, magnesium dan minyak lemak dan vitamin A, B, B6, C dan K.
2.Cornflake
Menurut David L. Hoffman dari Complementary Medicine America University: cornflake dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Selain mengandung fosfor, karbohidrat, protein, cornflake juga dapat menstimulasi energi.
3.Corn oil
Minyak jagung terbuat dari biji jagung yang diproses menjadi minyak. Minyak jagung dapat meningkatkan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat). Standar LDL bagi manusia adalah 150 mg dan standar HDL adalah 50 mg. Minyak jagung yang baik untuk diet, hipertensi, dan penderita jantung koroner.

4. Sirup jagung
Tepung jagung bisa diolah menjadi glukosa sintesa, dan akhirnya menjadi sirup jagung. Makanan bayi, roti, dan industri tepung susu biasanya menggunakan sirup jagung, karena kalorinya lebih rendah daripada gula.
5. Tepung jagung
Tepung jagung atau cornmeal disebut ideal untuk bahan dari baking powder, saus, kue dan permen.
6. Sabun jagung
Jagung sabun dapat ditemukan di desa di Thailand, yang dikenalkan oleh Dr Chutima Khoswatana dari pusat penelitian Nakhon Sawan. Corn soap can open your porous skin, clean oily skin and good for scrubbing your skin. sabun Jagung dapat membuka pori kulit, membersihkan kulit berminyak dan baik untuk scrubbing kulit.

Waiiit wait,,,, ini ni, belom pernah nemu yang namanya sabun jagung, #ayo hunting dari sekarang, judulnye penasaran berat….xixi…. e iya sama sirup jagung belum pernah rasa juga ni. yang pasti rasanya manis ya….hihi

Selain itu, menurut para ahli kesehatan dengan mengkonsumsi jagung secara teratur, kandungan zat prokaroten (protein, karbohidrat dan sedikit lemak) dalam jagung akan tersimpan di jaringan kulit, sehingga akan berfungsi sebagai pelindung terhadap sinar ultra violet. Menurut seorang herbalis dari Klinik Herbal Pondok Indah, dokter Agus Rahmadi, kandungan zat dalam jagung yang dapat menarik minyak, juga bermanfaat untuk mengobati jerawat. Tidak hanya buah jagungnya saja tapi juga rambut jagungnya bisa di gunakan sebagai obat jerawat. ini ni, masalah yang sering buat “sejawat” pusing buat nyingkirinnya, betul tidaaaak??? 😀

Jenis jagung yang baik untuk digunakan dalam merawat kecantikan kulit wajah adalah, jagung muda karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi, dan bisa digunakan sebagai masker wajah alami. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, saran para ahli, sebaiknya ditambahkan madu dalam campuran masker tersebut agar selain berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit, masker itu juga dapat mencegah infeksi dan membunuh kuman yang menempel di kulit dengan adanya campuran madu tadi.

Proses pembuatan masker jagung ini cukup mudah, yaitu parut atau tumbuk satu buah jagung muda hingga halus, lalu dicampurkan dengan dua sendok makan madu. Sebelum dipakai, basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu, kemudian oleskan masker, diamkan beberapa saat hingga mengering. Terakhir bersihkan wajah dengan air hangat sampai sisa – sisa masker bersih, lalu basuh kembali dengan air dingin untuk menutupi pori-pori wajah.–> belum pernah dipraktikkan… koq macem2nya ribet cara buatnya,,, pake acara diparut, ehe2 *dasar pemalas… kapankapan dah dicoba, yuuuk mariiii…:D

Manfaat jagung bagi kesehatan:
1. Nutrisi
Jagung merupakan sumber vitamin B1 (tiamin) vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin C dan E, asam folat, serat, asam lemak esensial, dan mineral magnesium dan fosfor yang sangat baik.
2. Glycemic Index (GI)
Dalam sebuah penelitian yang menetukan perkiraan GI dari berbagai makanan, menyimpulkan bahwa jagung memiliki GI sekitar 60.
3. Kesehatan Mata
penelitian penyakit mata yang terkait usia mengatakan bahwa antioksidan dapat menunda degenerasi makula yang terkait pertambahan usia. Jagung kuning kaya akan carotenoid lutein, mengurangi resiko gangguan penglihatan karena usia (terjadi kerusakan pada retina). Lutein berperan sebagai antioksidan yang menyaring efek oksidatif dari cahaya biru untuk melindungi retina. Diet kaya lutein dan zeaxanthin juga terkait dengan penurunan prevalensi cataract nuclear.
4. Alzheimer
penelitian menunjukkan bahwa pasien Alzheimer yang parah memiliki kadar plasma lutein dan beta-karoten yang lebih rendah dibandingkan dengan pasien Alzheimer ringan. Disarankan untuk meningkatkan intake makanan yang kaya lutein dan beta-carotene untuk memperlambat laju penurunan kognitif.
5. Kanker
Jagung memiliki kandungan beta – cryptoxanthin yang tinggi, merupakan carotenoid yang bersifat antioksidan. Sebuah observasi di Singapura menunjukkan bahwa makanan yang tinggi kadar beta-cryptoxanthin dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru-paru.

 

Sumber:
1. http://www.articlesbase.com/health-articles/the-advantages-corn-for-our-health-380338.html
2. http://www.beritaterkinionline.com/2009/11/merawat-kecantikan-kulit-wajah-dengan-jagung.html
3. http://www.elements4health.com/corn.html

dec 13th, 2010
10:21 pm

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 13, 2010 in my notes

 

2 responses to “CORN

  1. Anggun Sari

    Desember 14, 2010 at 1:50 pm

    teringat wktu dulu pengajian dirumah anggun
    lia mendapat mug berbentuk corn..ehhhe

     
    • aprilamuliarahma

      Desember 15, 2010 at 6:41 am

      ehe… iya ya nggune… senaaaaang…. 😀 😀
      ampe sekarang masih belum diketahui itu bingkisan dari siapa,,,

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: