RSS

Kewajiban Ibu

31 Jan

Tulisan yang dikutip dari http://alqiyamah.files.wordpress.com/2008/04/kewajiban-ibu.pdf ini sebenarnya nasihat dan ditujukan buat diri sendiri #meski belum berstatus sebagai ibu, tapi calon ibu juga HARUS tau ya kan ya, 🙂 dan berharap ini juga bermanfaat bagi yang “kebetulan” membaca blog ini dan makin semangat browsing2 lewat dunia maya [baca: internet] dan dunia nyata [baca: buku, majalah], menambah pengetahuan tentang parenting sebagai salah satu proses demi menjadi “sebaik-baiknya perhiasan”… 😀

Anak, sebagai darah daging kedua orang tua, merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ibunya. Anak mempunyai hak-hak yang merupakan kewajiban orang tuanya, terutama ibunya, untuk menunaikan hak-hak tersebut. Jadi bukan hanya anak yang mempunyai kewajiban atas orang tua, tetapi orang tua pun mempunyai kewajiban atas anak. Secara ringkas kewajiban orang tua atas anaknya adalah sebagai berikut:

1. Menyusui
Wajib atas seorang ibu menyusui anaknya yang masih kecil, sebagaimana firman Allah yang artinya: “Para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. (QS Al Baqarah: 233)”

2. Mendidik
Mendidik anak dengan baik merupakan salah satu sifat seorang ibu muslimah. Dia senantiasa mendidik anak-anaknya dengan akhlak yang baik, yaitu akhlak Muhammad dan para sahabatnya yang mulia. Mendidik anak bukanlah (sekedar) kemurahan hati seorang ibu kepada anak-anaknya, akan tetapi merupakan kewajiban dan fittrah yang diberikan Allah kepada seorang ibu. Mendidik anak pun tidak terbatas dalam satu perkara saja tanpa perkara lainnya, seperti (misalnya) mencucikan pakaiannya atau membersihkan badannya saja. Bahkan mendidik anak itu mencakup perkara yang luas, mengingat anak merupakan generasi penerus yang akan menggantikan kita yang diharapkan menjadi generasi tangguh yang akan memenuhi bumi ini dengan kekuatan, hikmah, ilmu, kemuliaan dan kejayaan. Berikut beberapa perkara yang wajib diperhatikan oleh ibu dalam mendidik anak-anaknya.

• Menanamkan Aqidah Yang Bersih
• Mengajari Anak Shalat
• Menanamkan Kecintaan Kepada Allah dan RasuINya, dan Mendahulukan Keduanya
• Mengajarkan Al Qur’an dan Menyuruh Anak-Anak Menghafalkan
• Membuat Anak-Anak Cinta Kepada Sunnah Serta Menyuruh Mereka Menjaganya
• Menanamkan Kepada Anak Agar Benci Kepada Bid’ah
• Membuat Anak-Anak Cinta Kepada Ilmu Syar’i dan Bersabar Dalam Meraihnya
• Mengajarkan Kepada Anak Untuk Meminta Izin
• Menanamkan Kejujuran
• Menanamkan Sifat Sabar
• Menyadarkan Kepada Anak Tentang Berharganya Waktu
• Menanamkan Sifat Pemberani
• Bersikap Adil Diantara Anak-Anak

Ibu adalah madrasah.
Apabila engkau mempersiapkannya,
berarti engkau mempersiapkan generasi yang kuat akarnya
Ibu adalah taman.
Jika engkau merawatnya,
dia akan hidup dengan elok,
tumbuh daunnya beraneka rupa
Ibu adalah guru pertamanya para guru
Kemuliaanya terpancar menyebar sepanjang cakrawala

Sesungguhnya anak-anak adalah amanah yang dititipkan Allah kepada kita. Allah akan menanyakan, apakah kita akan menjaganya atau menyia-nyiakannya. Maka wajib atas kita untuk menjaga amanah ini. Dengan keyakinan, kita mendidik generasi muslim, kita persiapkan mereka agar menjadi generasi kuat untuk menghadapi orang-orang yang menyimpangkan Al Kitab dan Assunnah.

31 januari 2011
08:35 am
Sungguh besar tanggung jawab yang akan dijelang, sangat berharap padaMu agar Engkau membimbing hamba agar menjadi ibu seperti yang Engkau mau dan bergelimang rahmatMu

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 31, 2011 in my notes

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: